Kisah Sebelum dan Setelah Pulang

Siang itu, Saya bersama Iqbal Juliansyah Zein -- salah satu mahasiswa calon doktor termuda yang dibiayai langsung oleh LPDP -- makan siang di rumah makan Padang dekat Stikes Aisyah Yogyakarta. Ketika itu kalau tidak salah sudah menunjukan pukul 10.30 wib.

Selesai makan, kami pulang ke kontrakan Iqbal di Mlangi, untuk siap-siap. Pukul 14.10 wib kami menuju Stasiun Lempuyangan. Menjemput sang istri yang habis mudik.

Saya berpisah dengan Iqbal di stasiun. Tak lupa untuk meminta dipesankan ojol. Tujuan saya ke asrama, untuk berkemas barang-barang. Daei asrama naik ojol lagi menuju terminal Jombor.

Setiba di Jombor langsung ke agen, dan pesan bis. Untung masih ada bis terakhir. Naik bis dengan tujuan Jakarta.

Pukul 20.30 wib, bis berhenti di pul. Penumpang pada keluar. Ada yang cari makan ada juga yang cuma cari cemilan dan minuman. Karena tidak lapar, saya cuma membeli klanting rasa berbaque, roti, dan air mineral.

Di perjalanan dari malam haruli sampai pagi, makannya hanya itu. Kalau tidak salah ingat, pagi-pagi pas sampe di pasar minggu, perut mules. Tapi tetep ditahan dan sempat keluar kentut. Begitum sampai ke grogol pukul 10.30 wib. saya langusng numpang mandi plus pup di SPBU.

Tiba di tempat acara nikahan Tuti, langsung makan. Sudah lapar. Selama setengah hari semalam di tempat Tuti, gak pup. Padahal sempat ada keinginan, karena ditahan akhirnya gak jadi dan gak muncul-muncul lagi.

Esok paginya ikut pulang ke rumah. Di rumah juga sama, malah gak makan-makan. Gak nafsu. Plus gak pup juga. Lalu, pas main ke rumah May, disuguhin kopi dan roti. Pulang ke rumah tetap gak mau makan.

Lalu, pagi-pagi disuruh manjat pohon rambutan asam, buat ibu-ibu yang ngaji. Pas udah di rumah, rambutan sudah di dapur pengen nyobain minyak kelapa. Buat dipake ke rambut. Nah, ketika itu kepala mulai terasa pusing dan gak enak badan.

Dilanjut bapak minta dianterin ke Pertelon, mau beli bako ke Rangkasbitung.

Pas balik dari nganterin bapak, menyempatkan mampir ke tempat nyukur. Di sana ada Hendrik yang jaga. Kepala makin pusing, badan terasa gak enak. Sempat bilang juga ke Hendrik, bahwa kondisi badan gak enakkan.

Coba beli gorengan dan sambalnya dibanyakin. Biar agak cenghar, kalau makan yang pedas. Karena paham, lalu Hendrik juga membuatkan teh panas. Setelah dibantu dengan gorengan dan teh tadi agak mendingan badannya.

Eh, pas pulang ke rumah kambuh lagi. Makin kerasa gak enaknya. Apalagi pas sore hari, sampe bela-belain beli bawang merah buat ngerok. Abis dikerok sebentar, agak enakan tuh. Bisa lngsung ke Masjid sholat magrib berjamaah.

Malam hari, pas tidur juga badan udah agak enakan. Dan pagi-pagi pas bangun juga badan agak mendingan. Merasa badan udah agak enakan, ngajak Juji ziarah ke Cidahu.

Sore harinya kami langsung ziarah ke Cidahu. Pulang mampir ke petir dan makan mie ayam bakso sukat. Malemnya mencret bolak-balik kamar mandi sampe 7 kali. Itu tuh malam jumat. Sepulang dari  shalat jumat, memetik pucuk daun jambu dua helai di depan warung Ka Usep. Alhamdulillah sembuh.

Eh, esoknya malah gantian, ibu yang sakit. Ibu sakit dan ketika itu sedang punya oyoseun. Lalu oyoseun pun diserahin ke orang lain. Pakai sisitem upah. Kami pun anak-anaknya turun tangan untuk membantu. Pas udah mendingan, kemarin malah teteh dan sabil yang berobat. Kayak muter ajah itu mah sakitnya.

Yang paling lama sakit, ibu. Sampe harus  beberapa kali berobat jalan. Bolak balik ke bidan, ke dokter Hadi juga. Di Pandeglang dekat pasar.

Semoga yang di rumah dan yang menulis ini juga diberikan kesehatan terus. Dan semoga selalu dalam lindunganNya. Amiin.
____

Google Plus
    Komentar Lewat Blog
    Komentar Lewat Facebook

0 komentar:

Posting Komentar