Kilas Ramadhan 1440 H

Sehari sebelum awal Ramadhan, badan sudah terindikasi gak enak. Terasa demam, dan gak nafsu makan. Husnudzannya waktu itu gara-gara abis latihan persiapan puasa. Mungkin besok juga sembuh.

Meski gak enak badan, tetep dipaksa jalan-jalan. Suara mulai berat dan agak serak. Batuk kadang-kadang. Menjelang siang, tambah kepala pening. Meski pun kondisinya kompleks tetep dibawa jalan. Bahkan sempet dibawa renang, soalanya hari terakhir bisa renang di siang hari.

Pas renang dan selesai renang, sakit kepalanya agak berkurang. Mungkin teralihkan fokusnya ke yang lain. Giliran sudah sampe di asrama, makin campur aduk sakitnya jadi satu. Perut lapar, tapi pas makan nasi sedikit saja sudah nolak. Gak selera sama sekali.

Malam hari, batuk melanda. Badan demam tinggi. Gak enak badan tambah parah, kalau jalan sempoyongan, pandangan sekitar terasa muter. Aktivitasnya cuma tiduran. Gak mandi, gak makan dan gak ngapa-ngapain. Ke kamar mandi pun cuma buang air dan wudhu doang.

Setelah dievaluasi, kayaknya akibat kena AC langsung pas numpang menginap di hotel kemarin. Bangun tidur kerasa dingin banget, ternyata si AC niupnya tepat banget ke badan. Pokoknya pagi itu sudah ada indikasi yang gak enak. Terbukti, malamnya langsung tepar dan kepayahan.

Meski badan meriang, puasa tetap jalan. Waktu itu gak sempet sahur. Untungnya terbantu dengan puasa persiapan kemarin. Meski tidak sahur, sudah tak masalah. Tetep saja gak dapat pahala sahurnya. Sampai malam ke sepuluh, ikut sahur itu bisa keitung perasaan. Selebihnya sahur diawalkan.

Resiko mandiri itu ya begini. Meski di asrama dan banyakan, kalau untuk urusan makan kami beda-beda. Kan kesukaannya juga beda juga. Kalo untuk gratisan, baru deh semuanya sama, satu suara.

Ini dulu kisah Ramadhan yang bisa saya bagikan. Alhamdulilah untuk tarawehnya masih terjaga, semoga tidak ada yang kelewat. Tadarunya juga aman, sudah mau dapat dua kali balikan. Sebentar lagi. Doain tambah istiqamah dan jadi lebih baik.
___

Google Plus
    Komentar Lewat Blog
    Komentar Lewat Facebook

0 komentar:

Posting Komentar