ROBIN HOOD

Kemarin, saya menulis tentang beberapa pelatih sepak bola yang disukai. Lebih tepatnya yang saya kagumi. Karena mereka punya filosofi yang keren banget. Misalnya saja, Jugrgen Klopp yang baru saja menyingkirkan klub Barcelona. Padahal, mereka memimpin dengan skor agregat 3-0.

Tadi malam, para permainan Liverpool mampu meruntuhkan benteng pertahanan Barca dan mengejar ketertinggalan agregat dari pertandingan sebelumnya di Cam Nou 0-3. Dan di menit 79, mereka bisa menjebol gawang yang dijaga Ter Stargen 4 -0 tanpa balas. Ini sekaligus mengembalikan keunggulan agregat. Pertandingan malam ini, menjadi miliknya Liverpool dengan skor akhir agregat 4-3. 

Yang bikin saya jatuh cinta kepda Jurgen Klopp tentu bukan tanpa alasan. Menurut buku yang saya baca; kalau tidak salah penulis bukunya seorang pengamat sepak bola yang sudah malang melintang di dunia dalam mengamati persepakbolaan.

Filosofi yang ia pakai adalah "Robin Hood". Yang pernah nontonnya pasti tahu. Ia adalah pahlawan kaum miskin, yang sering merampok harta para petinggi kerajaan. Harta tersebut dibagikan kepada rakyat miskin. Karena sejatinya kerajaan telah meminta pajak yang sangat tinggi plus mereka koruptor uang rakyat.

Senjata yang sering dibawa Robin Hood adalah panah. Meski senjata kerajaan sudah semi otomatis, dengan hanya bermodalkan panah Robin Hood bisa mengalahkan mereka. Dengan syarat pakai perencanaan yang detail dan matang.

Tak perlu pemain bertabur bintang, tapi dengan pemain yang ada dan taktik yang jitu, bukan tidak mungkin lawan-lawannya bisa dikalahkan. Meskipun lawanya bertabur bintang dan klubnya terkaya sejagat Eropa.

Tadi malam, salah satu bukti bagaimana Robin Hood mampu mengalahkan mereka. Siapa yang tidak kenal dengan klub dari Spanyol ini. Belum lagi di sana ada mega bintang Lionel Messi. Tetapi dengan semangat pantang menyerah, mereka mengedor pertahanan lawan dan menutup celah ketika lawan menyerang balik. Hasilnya berbuah manis. Barca dipermalukan!

Sepertinya, tak berlebihan bila saya memberikan standing applause (tepuk tangan sambil berdiri) untuk sang pelatih hebat yang satu ini. Tinggal menungu besok malam, untuk mengetahui lawan Liverpool di final UCL. Totenham atau Ajax?

"Kamu tidak pernah berjalan sendirian..." Demikian jargon yang tertera di logonya the reds.
___

#CHAH - Semangattt!
08/05/19
_

Google Plus
    Komentar Lewat Blog
    Komentar Lewat Facebook

0 komentar:

Posting Komentar