Status Mei 2017 & 2018 #1

Status 19 mei 2017 dan 2018

Hakikatnya manusia itu mati, kecuali yang berilmu. Hakikat orang yang berilmu itu tertidur, kecuali yang mengamalkan ilmunya. Hakikat orang yang mengamalkan ilmu itu tertipu, kecuali yang ikhlas...

Imam al-Ghazali
2017
====================================
Pertengahan tahun 2008, Saya sempat penasaran ketika kata yang digunakan dalam acara pelulusan sekolah yaitu kata "penglepasan". Bukankah asal katanya 'lepas' dan seharusnya kata yang tepat adalah "pelepasan"?

Ketika itu, jawaban yang saya terima kurang pas bahkan tidak ilmiah. Tetapi jika seandainya itu sesuai dengan KBBI, dicek ulang. Sebab KBBI sudah beberapa kali terbit dan ada penambahan dan pengubahan.

Kekhawatiran saya, ejaan seperti itu sudah usang. Jika kata lepas dipadankan dengan kata kembang dan ditambah awalan (pe) dan akhiran (an) tentu polanya bisa sama. Sekali lagi, kata lepas dan kembang itu tidak bisa dipadankan.

Percaya atau tidak, yang menggunakan kata "penglepasan" di background salah satu acara pelulusan sekolah, nyatanya masih ada. Apakah saya yang salah? Atau memang karena tidak updet sehingga yang masih menggunakan kata-kata lama itu yang salah?

Kiranya pertanyaan itu wajib dicari jawabnnya. 2017
====================================
OTW (on the way) artinya sedang berada di jalan untuk menuju tempat tertentu. Boleh dibilang otw itu kata keterangan. Ingat, bukan kata kerja atau kata benda.

Salah besar ketika ada yang menulis atau mengatakan "Otw ke pantai yuk.." Atau "siap-siap mau otw ini..." makna otw disitu berati kata kerja, dan tidak ada artinya.

Atau ada yang salah mengertikan, sehingga otw itu artinya jalan. Terus dipakaikah otw-an yang berarti jalan-jalan. Please, jangan rusak struktur bahasa.

Yuk gunakan bahasa yang baik dan benar. Jangan karena pengen kelihatan keren lalu pake kata-kata sok ke-inggris-an segala. Nyatanya yang dipake itu salah. Bukan kelihatan keren, tapi makin tampak ketidaktahuannya dan kebodohannya.
_2017
====================================
Cintailah belajar. Engkau akan belajar mencintai.
_2017
====================================
Standar hirup anu diubah. Lain gaya hirupna.
1. Standarna solat 5 waktu, ditambah pake rowatib, duha jeng tahajud.

2. Standar puasana ramadhan doang, diubah pake puasa senen kemis jeng puasa pertengahan bulan. Syukur biasa jeung puasa Daud mah.

3. Standar maca qurana salembar unggal tas magrib, dirubah jadi saratus ayat unggal poe atawa satu juz tiap tas shalat.

4. Standar sedekahna poe jumat doang, diganti jadi unggal poe.

5. Standar hafalan ditambah, tadina 3 juz jadi 5 juz.

6. Standar baca bukuna pertahun 30 buku dirubah jadi 100 buku, dan seterusna dan sererusna...
_2017
====================================
Bilamana hari ini lebih buruk dari kemarin atau sama saja dengan hari kemarin, maka sejatinya kita telah rugi. Sama halnya dengan nominal uang 500 rupiah 20 tahun yang lalu dengan uang 500 sekarang. Nilainya tetap sama, tapi azaz kegunaannya sudah berbeda.
_2017
====================================
Bedana nu bodo jeng nu pinter didieu. Anu pinter mah saencan diajarkeun, ges dibaca jeng dipelajari tiheula. Anu bodo mah karak geh belajar pas ku guru diajarkeun. Kitu lain pan?

Mun ges nyaho, cik gera bejaan adi, dulur jeng sajabana. Mun hayang pinter elmuna kitu. Diajar saencan diajarkeun. Minimal dibaca tiheula.
_2017
====================================
Atasnya (kaos) Arsenal, bawahnya (celana) Manchester United. Dua klub yang pernah ditukangi pelatih fenomenal dan terlama di klub Premier League. Kalau di Inggris sana, mungkin gak bisa kayak gini ya... heehee
___ 2018
====================================
Mirip sepatu di film Sholin Soccer bukan? Sama-sama butut! Kenangannya itu lho yang tak tergantikan. Sekedar info, sepatu ini dulu dibeli di daerah Royal - Serang seharga 40K. Meski murah, bisa kepake awet dan banyak mencetak gol...
___2018
=============

Google Plus
    Komentar Lewat Blog
    Komentar Lewat Facebook

0 komentar:

Posting Komentar